Loading...
Jl. Poros Makale Makassar No.Km. 11, Kec. Mengkendek, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan 91871

DETAIL BERITA

gambar detail berita

PENARIKAN SISWA PRAKERIN

IAKN TORAJA
2024-05-08

MENGKENDEK----Bertempat di Ruang Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja dilaksanakan penarikan siswa Praktek Kerja Industri (Prakerin) SMK Negeri 1 Mori Atas Semester Genap 2023/2024, hari ini Rabu (8/05/2024).

Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan bekerja secara langsung, secara sistematik dan terarah dengan supervisi yang kompeten. Prakerin juga diartikan sebagai sebuah proses dimana siswa melakukan praktIk kerja (magang) baik di perusahaan, industri ataupun di lembaga-lembaga yang merupakan bagian integral dari proses pendidikan dan pelatihan di SMK yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya.

Program Prakerin SMK ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan mutu siswa SMK sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan bidangnya dan mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang persaingannya cukup ketat.

Kali ini ada empat siswa dari SMK Negeri 1 Mori Atas telah menyelesaikan Prakerin selama 5 (lima) bulan di IAKN Toraja yang ditempatkan di Subbag Tata Usaha Perlengkapan dan Rumah Tanggah serta di Subbag Layanan Akademik.

Program Prakerin ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis bagi siswa di dunia kerja. Ke-4 siswa ini berhasil menyelesaikan program ini dengan sukses dan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang bidang yang digeluti serta keterampilan kerja yang diperlukan. Proses pembelajaran ini juga memberi kesempatan bagi para siswa untuk menjalin hubungan profesional dan memperluas jaringan dalam industri yang mereka minati.

Rektor IAKN Toraja (Dr. Joni Tapingku, M.Th) memberi arahan kepada Siswa Prakerin tersebut. Beliau berharap agar apa yang telah diperoleh selama melaksanakan Prakerin di IAKN Toraja dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki sehingga bisa mempersiapkan diri untuk memasuki dan bersaing di dunia kerja kelak.

Kemudian Kepala Biro AUAK, Ibu Estuningsih, SH., MM., Kasubbag Layanan Akademik, Ibu Yulia Siama Malolok, S.Th., M.Pd., dan Kasubbag TUPR, Ibu Aria Sandy Rante Ta'dung, SE. juga mengucapkan selamat kepada keempat Siswa Prakerin tersebut yang telah sukses menyelesaikan Programnya. Mereka berharap semoga apa yang didapatkan di IAKN Toraja ini dapat bermanfaat dan menambah pengalaman.

Dengan demikian, mereka (siswa prakerin) siap melangkah ke tahap selanjutnya dalam pendidikan dan karir mereka dengan keyakinan yang lebih besar.